YBH Kemandirian Jatim, Siap Tuntaskan Kasus Hate Speech Kiai Sampang

Istimewa

Kasus ujaran kebencian yang diarahkan kesalah satu kiai pondok pesantren di Sampang, tidah hanya menuai komentar tegas dari para alumni dan PWNU Jawa Timur.

Kali ini datang dari praktisi hukum, Ketua Yayasan Bantuan Hukum Kemandirian (YBHK) Jawa Timur, Zainuddin mengaku siap mengawal kasus Hate Speech Sampai ke meja hijau.

“kami siap mengawal kasus ujaran kebencian ini, biar jadi pembejaran dan peringatan bagi yang lainnya dalam bermedia sosial,” Kata Zainuddin, Minggu (4/10/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Gus Jay ini, YBHK sudah menyiapkan tim advokasi untuk memberikan pendampingan dan pengawalan kasus ujaran kebencian yang dilakukan pemilik akun Allby Madura.

Selanjutnya ia menjelaskan, ujaran kebencian ini sudah memenuhi pasal 27 ayat 3 junto pasal 45 ayat 1 undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang diancam dengan sanksi pidana 6 tahun penjara.

“ini sudah memenuhi unsur untuk kita proses lebih lanjut, kita tidak main-main, akan tetap kawal sampai proses selesai,” Jelasnya.

Sebelumnya, kritik tegas juga disampaikan Wakil Sekertaris PWNU Jawa Timur, Hasan Ubaidillah. Ia sangat menyayangkan kejadian ini. Menurutnya, ini merupakan suatu kesembronoan penggunaan media sosial serta dangkalnya pengetahuan terhadap sejarah yang terjadi.

“Ujaran kebencian semacam hate space itu diucapkan memang karena di dasarkan ketidak pahaman dan ketidak tahuan akan sejarah, sehingga ini penting untuk diluruskan ketidak pahaman akan sejarah itu, akan membuat mereka menghakimi tidak berdasarkan fakta, tidak berdasarkan apa yang sebenarnya terjadi,” kata Hasan

Ia mengungkapkan, dirinya sangat mendukung jika ada langkah-langkah hukum yang akan ditempuh. Ini demi memberikan contoh kepada masyarakat lain agar selalu bijak menggunakan media sosial, apalagi berkaitan dengan kelembagaan.

“Mendukung sekali, ini menjadi pembelajaran bagi masyarkat agar tidak liar dan tidak memicu konflik horizontal. Inikan pemicu, peletup yang sangat potensial akan terjadinya konflik horizontal kalau tidak disikapi secara serius,” ungkapnya.

Facebook Comments