Ramai, Sosialisasi Eri-Armuji Diduga Langgar Protokol

Panwascam dan pihak kepolisian sektor pakal datangi kegiatan sosialisasi bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji.

Sosialisasi yang dilakukan di daerah Kelurahan Sumberejo Kecamatan Pakal inipun mendapat tidandakan tegas dari pihak kepolisian setempat. Tindakan ini terkait jumlah undangan yang melebihi kapasitas perizinan.

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pakal Ahmad Shuhaeb mengatakan, pihak panitia penyelenggaraan tidak mematuhi surat izin keramaian diberikan pihak kepolisian.

Tercantum dalam surat izin tersebut, pihak panitia dibatasi dengan jumlah undangan 100 orang tamu. Selain pembatasan kapasitas tamu undangan, dalam surat inipun dihimbau agar acara tetap tetap dalam koridor protokol kesehatan.

“Dari pihak PDIP itu mengadakan sosialisasi paslon Eri Cahyadi dan Armuji. Disana di saat acara. Mereka mengadakan acara dapat ijin keramaian itu dapat izin 100 orang tamu pada kenyataannya melebihi kapasitas undangan yang disetujui oleh pihak polsek kecamatan pakal. Disana juga diwajibkan jaga jarak,” kata Ahmad Shuhaeb kepada wartawan, Minggu, (20/9/2020).

Acara yang bertempat di lapangan depan Gelora Bung Tomo inipun akhirnya di jaga ketat pihak kepolisian. Undangan yang baru datangpun tidak diperkenankan masuk ke lokasi acara. Hal ini untuk mengantisipasi kerumunan massa karena sudah melebihi kapasitas undangan yang telah ditentukan.

Menurut Shuhaeb sempat ada lobying salah satu anggota dewan DPRD Kota Surabaya dengan kapolsek setempat, untuk memperbolehkan tamu undangan yang diluar masuk ke lokasi acara. Tapi pihak kepolisian tetap kekeh tidak membolehkan tamu undangan yang baru datang memasuki tempat acara.

“Panitia belum bisa mengatur jaraknya, Akhirnya terjadi kerusuhan. Memang dari panitia khusunya bapak Syaifuddin Zuhri salah satu DPRD dari PDIP sempat ngomong dengan Pak Kapolsek untuk memperoleh tamu untuk masuk ke dalam. Tapi pihak kapolsek tidak mau untuk memaskukkan tambahan tamu sebab didalam tidak ada jarak,” lanjutnya.

Meski begitu, acara sosialisasi paslon Eri-Armuji tetap berjalan meski dengan jumlah tamu yang terbatas dan berada dibawah pengawasan ketat kepolisian.

Facebook Comments