KPID Gelar Giat Literasi Untuk Awasi Televisi dan Radio

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur lakukan kegiatan literasi media bersama seluruh Pengurus Cabang PMII Surabaya, Jumat (20/11/2020).

Kegiatan literasi media ini mengusung tema “Diskusi Peran Masyarakat Dalam Penangkalan Hoax Dengan Diskusi Penyiaran” dan bertempat di kantor KPID Jatim Jalan Ngagel Timur, Gubeng Surabaya.

Di sela-sela diskusinya, Ketua KPID Jatim, A. Afif Amrullah mengatakan, diadakannya kegiatan ini bertujuan mengajak para pemuda di Surabaya agar berkontribusi terhadap pengawasan penyiaran, baik di televisi ataupun radio.

“Agar mereka juga mempunyai kepedulian dan perhatian kepada penyiaran khususnya televisi dan radio. Karena KPID memang mempunyai kepentingan untuk mengajak sebanyak mungkin masyarakat dan terlibat dalam proses pengawasan dalam sisi penyiaran. Supaya ketika ada pelanggaran. Mereka dapat menyampaikan kepada KPID langsung,” Kata Afif kepada ininusantara.com.

Peran pemuda dan masyarakat dalam pengawasan, menurut Afif, sangat dibutuhkan di tengah perkembangan anak-anak yang sangat butuh pemantauan dari siaran-siaran yang ditontonnya.

“Supaya ada proses evaluasi terhadap kualitasnya. Agar bisa terus ditingkatkan baik dari sisi radio maupun dari segi televisi,” ungkap Afif.

Selain itu, pria asli Pamekasan ini juga menjelaskan terkait informasi hoax yang sampai saat ini tak dapat terbendung. Ia mengatakan, KPID Jatim tidak dapat mengawasi informasi hoax yang masif di media sosial. Sebab kewenangannya hanya terkotak pada televisi dan radio. Tapi meski begitu, saat ada acara terkait program penyiaran, ia selalu menyisipkan tentang hal itu.

“Kebanyakan, hoax tersebar dalam media sosial dan media online, untuk di televisi dan radio sangat kecil sekali, karena televisi dan radio itu punya konfirmasi screening yang cukup ketat. Sangat kecil kemungkinan adanya hoax di televisi dan radio,” ujarnya.

Di sisi lain, salah satu peserta yang juga salah sekertaris PC PMII Surabaya, Muhammad Derida Sulton mengaku, PC PMII Surabaya akan selalu mensupport KPID Jatim dalam pengawasan di televisi dan radio.

Ia juga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada KIPD Jatim karena telah melibatkan peran pemuda dalam pengawasan ini.

“Terimakasih kepada KIPD Jatim karena telah sudi mengajak para pemuda dalam berkontribusi dalam pengawasan ini. Kami PC PMII Surabaya akan selalu mensupport kegiatan positif yang dilakukan KPID,” kata Sulton.

Facebook Comments