Jebol! Sampang Masuk Zona Merah Covid-19

Kasus pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jawa Timur bertambah 115 orang. Sehingga total pasien positif Covid-19  berjumlah 1.649 kasus.  Yang masih dirawat sebanyak 1.213 (73,65%).

Sedangkan total PDP sebanyak 4.280 kasus dan ODP sebanyak 21.567 kasus. Dan total orang tanpa gangguan (OTG) sebanyak 12.323 kasus.

Sedangkan kasus kematian karena virus Corona sebanyak 162 kasus (9,82%).

“Dari jumlah ini ada tambahan 1 kasus positif dari Kabupaten Sampang,” kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, saat memaparkan perkembangan kasus Covid-19,   Selasa (12/5/2020) di Gedung Grahadi Surabaya.

Dari tambahan kasus positif Covid-19 ini, Surabaya menjadi daerang dengan kasus paling bannyak dengan 57 kasus. Disusul Kabupaten Sidoarjo 18 kasus, Kabupaten Probolinggo 11 kasus. Kota pasuruan dan Kab. Nganjuk masing-masing 5 kasus, Kab. Lumajang dan Gresik masing-masing 4 kasus. Jombang 3, Kab. Kediri 2, Kota Batu, Kota Madiun, Kab. Sampang, Kab. Lamongan, Kab. Pasuruan dan Kab. Madiun masing-masing 1 kasus.

Kabupaten Sampang kini menjadi daerah terakhir yang ada pasien positifnya dan kini menjadi zona merah. Ketua Tim Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Kohar Hari Santoso menjelaskan bahwa yang positif ini berprofesi sebagai Satpam atau security.

“Memang benar yang positif ini adalah seorang security dan saat ini masih menjalani isolasi di BBLK dan sudah di tes PCR dan saat ini masih menunggu hasil,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid/19 Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi, menyatakan Surabaya disamping jumlah kasus terbanyak di Jatim juga merupakan
wilayah yang memiliki Insiden Rate (IR) dan Case Fatality Rate (CFR) tertinggi.

“Sedangkan Sidoarjo Lamongan
memiliki CFR tertinggi ke dua. Magetan memiliki IR tertinggi ke dua,” katanya.

Facebook Comments